Lempong Balong Siap Lanjutkan Adopsi Pohon ‘New Normal’ Gunung Ciremai


.
Saat ini semua lapisan warga dunia sedang membuka bahtera untuk mengarungi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau ‘new normal’. Begitu juga dengan kelompok masyarakat Arban Palutungan, desa Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat siap kembali ke kancah adopsi pohon di Lempong Balong, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
Kita tahu, kelompok masyarakat yang digawangi Diding ini telah meneken perjanjian kerjasama dengan Balai TNGC pada Februari kemarin mengenai program pemulihan ekosistem secara swadaya.
.
Iya, kelompok masyarakat ini memiliki persemaian aneka bibit pohon lokal gunung Ciremai. Hebatnya, mereka juga punya persemaian tumbuhan langka seperti Edelweiss.
.
Namun aktivitas penanaman bibit dalam adopsi pohon tersebut ‘empty’ lebih dari tiga bulan akibat pandemi Covid 19.
.
“Kalau yang menanam sih nggak ada. Namun pemeliharaan tanaman tetap kami lakukan supaya bibit tumbuh dengan baik. Misalnya rumput sekitar bibit dibersihkan. Lalu diberi pupuk alami”, kata Diding waktu itu (20/4).
.
Kini pada era ‘new normal’, mereka siap kembali menghijaukan wajah gunung Ciremai sesuai pedoman kesehatan penyelenggaraan wisata alam gunung Ciremai.
.
“Sudah kami sediakan alat pencegahan penyebaran virus Corona. Misalnya ‘thermogun’, ‘face shield’, masker, ‘hand sanitizer’, tempat cuci tangan, sarung tangan, dan cairan ‘disenfektan’ untuk mensterilkan sarana umum seperti toilet dan ‘shelter’,” jelas Diding kemarin (21/6).
.
“Dan yang paling penting, ya jaga jarak fisik. Makanya, saat penanaman kami siapkan lubang tanam yang berjauhan,” tambahnya.
.
Dihubungi secara terpisah, Idin Abidin, petugas Pengendali Ekoistem Hutan (PEH) menjelaskan teknis penanaman bibit pohon ala ‘new normal’.
.
“Cara menanam pohon ‘new normal’ ya sama saja dengan ‘old normal’. Di antaranya pilih bibit, siapkan lubang tanam, buka plastik ‘polybag’, dan tanam bibitnya,” jelas Idin Abidin.
.
“Yang membedakan antara penanaman bibit pohon dulu dan sekarang yakni mesti sesuai protokol kesehatan pencegahan virus Corona. Yang paling krusial, ya ‘sosial distancing’,” tutupnya.
.
#sobatCiremai, bagaimana kelanjutannya?. Pantengin aja terus medsos kami.👌
.
[Teks © Tim Admin, Foto © Idin Abidin -BTNGC | 062020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: