Roda Ekonomi Masyarakat Kaki Gunung Ciremai Berputar Pada Libur Akhir Pekan Ini


.
“Alhamdulilah mulai hari ini sudah bisa jualan lagi dan ada pembelinya,” ucap Esus, pedagang kios buah tangan di wisata alam Situ Sangiang, desa Sangiang, Banjaran, Majalengka, Jawa Barat (27/6).
.
Benar apa yang ia katakakan. Empat bulan ke belakang semua aktivititas wisata alam gunung Ciremai memang ditutup akibat pandemi Covid 19.
.
Penutupan tersebut telah melumpuhkan roda ekonomi masyarakat yang menggantungkan penghasilan pada jasa pariwisata alam seperti pedagang dan pramuwisata.
.
“Walaupun ‘new normal’ itu beda dengan normal sebelum pandemi, namun kita tak bisa menolak keadaan, justru mesti mengikuti arus supaya kita bisa melanjutkan hidup,” ungkap Sudin, sesepuh wisata alam Woodland, desa Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat (26/6).
.
“Jangan pernah bosan mengingatkan pengunjung agar patuh terhadap protokol kesehatan. Kalau tak patuh, ya jangan izinkan mereka masuk karena kesehatan bersama jauh lebih bernilai daripada beberapa lembar rupiah. Carilah rezeki yang halal saja,” pesannya.
.
Sementara itu Kuswandono, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) terpantau ‘blusukan’ ke beberapa titik destinasi wisata alam wilayah selatan gunung Ciremai.
.
“Kami ingin memastikan pengelola dan pengunjung mematuhi protokol kesehatan. Bila ada pelanggaran kami langsung tegur dan mesti segera diperbaiki,” tegasnya.
.
“Yang sudah diperbolehkan yaitu treking dan penyediaan jasa makan-minum. Jadi itu saja dulu ya. Untuk kemping dan pendakian akan kami putuskan pada pembukaan tahap II. Itu pun bisa dilakukan asalkan pembukaan tahap I ini dinilai berjalan baik,” katanya.
.
Di tempat terpisah, Didik Sujianto, Kepala Sub Bagian Tata Usaha menginformasikan lonjakan jumlah pengunjung wisata pada libur pekan ini.
.
“Sampai sore ini tercatat kunjungan wisata naik hampir tiga kali lipat dibandingkan kemarin. Mungkin jumlah ini masih bisa naik lagi pada hari Minggu,”katanya (27/6).
.
Beliau berharap kenaikan jumlah wisatawan bisa membawa berkah bagi masyarakat kaki gunung Ciremai.
.
“Mudah-mudahan libur akhir pekan ini menjadi titik tolak kebangkitan roda ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya.
.
#sobatCiremai mau bepergian wisata alam?. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan ‘new normal’ ya seperti mengenakan masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak fisik antar sesama. So, enjoy our weekend!.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © All Team -BTNGC | 062020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: