Bhabinkamtibmas Polres Majalengka Gelar Latihan Dalkarhutla


.
Kemarin (7/7) Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mendapat undangan dari Kepolisian Resor (Polres) Majalengka. Iya, kami menjadi salah satu pemateri dalam pelatihan teknis dan simulasi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla).
.
Dalam latihan yang bertempat di lapangan sepak bola Puspa Indah Majalengka itu hadir 200 Bhabinkamtibmas.
.
“Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa penyangga TNGC mesti lebih serius menyikapi bencana karhutla. Karena Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan dalam upaya pencegahan karhutla sesuai arahan Presiden Jokowi”, kata AKBP Bismo Teguh Prakoso, Kapolres Majalengka.
.
Beliau menegaskan, selain operasi pemadaman, Bhabinkamtibmas dan pihak terkait pun perlu mencari dan menangkap pelaku pembakar hutan dan lahan.
.
Kemudian Agus Permana, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka menyampaikan materi teknik dan simulasi pemadaman api dengan alat yang tersedia.
.
“Tentu kita familiar dengan peralatan pemadam di hadapan ini ya seperti ‘chain show’, ‘wearpack’, dan pompa air atau ‘jet shooter’,” kata Agus permana.
.
Agus menekankan ‘safety personel’ saat penggunaan alat-alat tadi. Misalnya mesti memperhatikan arah angin saat menggunakan pompa air agar alat tersebut bekerja efektif dan efisien.
.
Pamungkas, Jaja Suharja Senjaya, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka memberikan gambaran singkat kejadian kebakaran tahun lalu, peran Masyarakat Peduli Api (MPA), sinergitas TNI/Polri dan BPBD serta Mitra Pengelola Gunung Ciremai (MPGC).
.
“Intinya karhutla di gunung Ciremai maupun di wilayah lain merupakan tanggungjawab kita bersama,” ungkap Jaja Suharja Senjaya.
.
Beliau juga mengharapkan kemarau tahun ini tak terjadi karhutla di gunung Ciremai dan wilayah hutan lainnya.
.
Di penguhujung acara, beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Polres Majalengka atas upaya cepat tanggap antisipasi karhutla.
.
“Terimakasih kepada Polres Majalengka yang secara bersama-sama telah membuat himbauan, papan larangan, spanduk di wilayah hukum Polsek Sindangwangi, Rajagaluh, dan Argapura. Semua itu merupakan upaya penting pencegahan kebakaran hutan,” pungkasnya.
.
#sobatCiremai, semoga semua upaya tadi berhasil mewujudkan ‘Ciremai Zero Fire 2020’. So, mari stop karhutla sekarang juga!.
.
[Teks & Foto © Oman Depe-BTNGC | 072020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: