Direktur KKH Cek Plot Percobaan Pertanian Sehat Ala Gunung Ciremai


.
Selasa pagi yang cerah namun berawan itu (21/7), Indra Exploitasia, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) kunjungi satu sudut kaki gunung Ciremai.
.
Benar, disela rutinitasnya, beliau menyempatkan cek langsung plot percobaan pertanian sehat ala gunung Ciremai di desa Bandorasa Kulon, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.
.
Hmm, sobat masih ingat apa saja formula pertanian sehat?. Coba cek lagi postingan terdahulu ya.
.
Pertanian sehat atau pengembangan biopropeksi ini sejalan dengan ‘road map’ pembangunan hutan 2045 yang oleh Bappenas ditargetkan Indonesia bisa menguasai pangsa pasar bioprospeksi dunia pada 2040 mendatang.
.
“Biopropeksi ini pada masa yang akan datang diharapkan dapat menjadi model dalam pemanfaatan berkelanjutan dari kawasan konservasi sehingga keseimbangan antara kelestarian kawasan dan kesejahteraan masyarakat dapat sejalan beriringan,” ungkap Indra Exploitasia.
.
Lebih lanjut beliau menyampaikan, ke depan hasil penemuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat daerah penyangga hutan konservasi sekaligus bisa meningkatan ketahanan pangan dan ekonomi menjadi lebih baik.
.
Sementara itu Kuswandono, Kepala Balai TNGC menyatakan akan terus melakukan inovasi pengelolaan kawasan konservasi. Menurutnya hal ini baru sebagian kecil dari pengelolaan keanekaragaman hayati gunung Ciremai.
.
“Penelitian akan dilanjutkan untuk mengungkap ‘misteri’ keanekaragaman hayati gunung Ciremai agar dapat diambil manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan pada khususnya dan rakyat Indonesia serta dunia pada umumnya,” kata Kuswandono.
.
Selepas dari plot percobaan, Kuswandono mengajak Indra Exploitasia meninjau laboratorium mini pembuatan formula pertanian sehat.
.
Laboratorium tersebut berada di salah satu kantor Resor Keanekaragaman Hayati (Kehati) di wilayah Kuningan.
.
“Di tempat inilah kami meramu formula pertanian sehat,” ungkap Asep Uus, Kepala Resor Kehati.
.
Kemudian Asep Uus menerangkan bahan, alat, dan proses pembuatan ramuan pertanian sehat.
.
“Iya bagus. Terus lanjutkan pencapaian ini,” pesan dan tutup Indra Exploitasia.
.
#sobatCiremai, patut kita nantikan bagaimana masa depan pertanian sehat ala gunung Ciremai ini. So, pantengin aja medsos kami ya.
.
[Teks ©Agus Yudantara, Foto © Tim Admin & PEH-BTNGC|072020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: