Mungkinkah Gunung Dulang Itu Anak Gunung Ciremai?


.
Sobat tentu pernah dengar ada yang namanya anak gunung seperti anak gunung Krakatau yang melegenda itu. Begitu jua gunung Ciremai punya anak?.
.
Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ciremai merupakan gunung api soliter.
.
Iya, soliter artinya sendiri. Dalam hal ini Ciremai terpisah dari hamparan hutan dan gunung terdekat seperti gunung Sawal di Ciamis ataupun gunung Slamet di Jawa Tengah.
.
Lebih lanjut, tidak ada catatan Ciremai punya anak gunung. Lantas bagaimana gunung Dulang bisa muncul?. Ya, menurut para ahli geologi, aktivitas geologi berupa tektonisme dapat menciptakan gunung dan pegunungan.
.
Tektonisme sendiri yakni pergerakan, pengangkatan, lipatan, dan patahan kerak bumi secara horizontal dan vertikal sehingga menciptakan kerutan dan lipatan. Nah kerutan dan lipatan inilah yang memungkinkan lahirnya sebuah gunung atau pegunungan.
.
Proses geologi tadi berlangsung dalam kurun waktu ratusan dan bahkan jutaan tahun. Tentu tak kesempatan kita untuk menyaksikannya ya.
.
Perlu kita ketahui, Ciremai yang kita saksikan saat ini ialah generasi ke tiga dari gunung api purba Ciremai.
.
Generasi pertama Ciremai yakni gunung Putri yang bisa kita saksikan secara jelas di desa Sukamukti, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Sedangkan generasi ke dua yaitu gunung Geger Halang yang bisa dilihat dari Talaga, Majalengka.
.
Kembali ke gunung Dulang ya. Pemandangan mencolok gunung Dulang amat jelas bila kita saksikan dari wisata alam Bukit 1000 Bintang, desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan.
.
Nah dari tempat itu amat jelas tubuh gunung Dulang layaknya anak gunung. Bagaimana menurut #sobatCiremai?.
.
Bagi sobat yang kuliah geologi mungkin tertarik untuk melakukan penelitian ini?. So, mari kenali lingkungan sekitar kita.
.
[Teks, Image, & Foto © Tim Admin-BTNGC|072020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: