Yuk Kenali Surili Lebih Dekat!


.
Sobat sudah tahu ‘kan Surili?. Ya, satwa primata khas Jawa Barat ini cukup mudah loh ditemui di gunung Ciremai. Apalagi bila sobat berkunjung ke lokasi wisata alam lembah Cilengkrang. Sepanjang jalan menuju sumber air panas mesti sobat menemui hewan ini. Entah mereka sedang istirahat, bergerak ataupun makan.
.
Satwa dengan nama ilmiah “Presbytis comata” ini lebih banyak berada di pohon ya sobat atau dikenal dengan sebutan “arboreal”. Surili akan turun ke tanah hanya pada saat tertentu saja ataupun ketika jalur pergerakannya terfragmentasi.
.
Relung itu akhirnya berpengaruh pada morfologi tubuh dan perilaku Surili. Begitu pula dengan makanan mereka, pun menjadi berbeda dibandingkan primata gunung Ciremai lain.
.
Makanan primata yang didominasi warna abu ini punya makanan lebih bervariasi dibandingkan lutung. Mulai dari pucuk daun, biji dan buah, bunga dan bagian tumbuhan lainnya. Tapi paling suka surili makan pucuk daun yang kaya serat. Walau begitu, jangan khawatir sobat karena sistem lambung keluarga “colobine” cocok dengan makanan tersebut.
.
#sobatCiremai, ternyata Surili punya cara hidup yang menarik ya. Nah, buat sobat yang mau penelitian tentangnya bisa datang ke gunung Ciremai. So, ayo kenali dan leatarikan primata indonesia.
.
[Teks & Foto © Dwi S-BTNGC | 072020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: