Api Muncul Di Gunung Ciremai, Petugas Gabungan Langsung Padamkan


.
Senin (17/8) terdapat laporan kebakaran hutan di kaki utara gunung Ciremai, blok Cirendang, Pajaten, dan sekitarnya yang berdekatan dengan desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.
.
“Api mulai kelihatan pada pukul 12.00. Langsung saya laporkan ke petugas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC),” kata saksi mata Oom Ali, pengelola wisata alam Pajaten.
.
Petugas gabungan Balai TNGC, Polres Kuningan, Kodim Kuningan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, dan Masyarakat Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) serta relawan langsung mendatangi lokasi kejadian.
.
Tercatat 67 petugas gabungan terjun dalam operasi pemadaman kebakaran hutan (karhut) tersebut.
.
“Setelah delapan jam melakukam pemadaman, akhirnya api berhasil ditaklukan pada pukul 20.30,” ungkap Fire Boss Agus Yudantara.
.
Api melahap ‘vegetasi’ semak belukar dan ilalang gunung Ciremai seluas 14 hektar.
.
Kepala Balai TNGC, Kuswandono yang hadir di lokasi kejadian mengatakan akan terus melakukan sosialisasi pencegahan karhut.
.
“Kami lakukan terus kampanye pencegahan karhut melalui medsos dan pemasangan spanduk,” katanya.
.
Di tempat yang sama, Dandim Kuningan, Letkol CZi Karter Joyi Lumi dan Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik mengatakan akan mengusut kejadian karhut ini.
.
“Akan kami kerahkan personil untuk menelusuri kejadian karhut ini,” katanya.
.
#sobatCiremai, mari stop kebakaran hutan sekarang juga karena dampaknya sangat merugikan ekosistem kita.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © Petugas Gabungan-BTNGC|082020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: