Bimtek OSS: Geliat Naik Kelas Koperasi Masyarakat Pariwisata Gunung Ciremai


.
“Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau ‘Online Single Submission’ (OSS) merupakan perizinan berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati, wali kota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi,” buka Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK), Nandang Prihadi di hadapan peserta bimbingan teknis (bimtek), kemarin (28/8).
.
Beliau mengatakan, OSS digunakan dalam pengurusan izin berusaha oleh pelaku usaha dengan karakteristik berbentuk badan usaha maupun perorangan; usaha mikro, kecil, menengah maupun besar; usaha perorangan atau badan usaha baik yang baru maupun yang sudah berdiri sebelum operasionalisasi OSS serta usaha dengan modal yang seluruhnya berasal dari dalam negeri maupun terdapat komposisi modal asing.
.
Ya, bimtek OSS ini merupakan episode lanjutan Masyarakat Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) yang telah naik kelas menjadi badan hukum usaha berbentuk koperasi.
.
Karena sudah berbentuk koperasi, maka untuk memperoleh Izin Usaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) dan atau Izin Usaha Penyediaan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) mesti menggunakan OSS.
.
“Yang namanya naik kelas itu dinamis dan mesti terus berkembang sesuai tuntutan zaman. Salah satunya, ya OSS ini,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kuswandono.
.
Toto Hermanto, pengelola bumi perkemahan Palutungan, mewakili koperasi MPGC mengatakan siap menghadapi OSS.
.
“Demi ketenangan melakukan usaha, kami siap menghadapi OSS. Baik itu syarat administrasi maupun teknis,” katanya.
.
Selain paparan teori, 15-an koperasi MPGC pun mendapat bimbingan tata cara penggunaan aplikasi OSS.
.

“Dalam pengisian formulir OSS, jangan lupa cantumkan lima digit Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) Taman Nasional yakni 91032 agar kami bisa memantaunya,” kata Kepala Sub Direktorat Pemanfaatan Wisata Direktorat PJLHK, Julianti Siregar.
.
Beliau menyarankan, bila koperasi MPGC belum mencantumkan KBLI itu, harap berkoordinasi dengan notaris untuk mengurus pencantuman kode usaha tersebut.
.
#sobatCiremai, setelah OSS bagaimana kelanjutan episode naik MPGC?. Pantengin aja medsos kami. So, enjoy our live.
.
[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC|082020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: