Hah, Ada Spesies Tumbuhan Alien Di Gunung Ciremai!


.
Hmm, benarkah?. Iya yang dimaksud spesies tumbuhan alien atau biasa disebut ‘invasive alien species’  (IAS) adalah spesies pendatang yang berkembang biak pesat di suatu wilayah sehingga menjadi ancaman bagi ekosistem.
.
“Berbeda dengan spesies asli yang secara alami hidup di suatu wilayah. Spesies pendatang tiba di suatu wilayah dengan campur tangan manusia, baik disengaja atau tidak,” ujar Kepala Seksi Konservasi Keanekaragaman Hayati, doktor Ichwan Muslih di hadapan peserta bimbingan teknis IAS gunung Ciremai, kemarin (25/8).

Beliau menambahkan, terdapat perbedaan pendapat mengenai kriteria yang diberikan kepada spesies pendatang hingga ia digolongkan sebagai spesies invasif.
.
“Biasanya invasi terjadi karena suatu kompetisi. Spesies selalu berkompetisi dengan spesies lain untuk mendapatkan sumber daya sebanyak-banyaknya sehingga salah satu caranya adalah dengan tumbuh dan berkembang biak secepat mungkin. Hal ini cukup mengeliminasi spesies asli dari kompetisi memperebutkan sumber daya,” tambahnya.
.
Di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) salah satu spesies tumbuhan alien yang paling menonjol yakni Kaliandra atau ‘Calliandra calothyrsus’.
.
Penyebaran Kaliandra di gunung Ciremai akibat penyimpangan penggunaan kawasan hutan pada masa silam sehingga menjadi lahan terbuka,” kata Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Iwan Sunandi.
.
Lebih jauh ia mengungkapkan, spesies alien membahayakan spesies lainnya. Hal ini karena kemampuan berkembang biak dan penyebaran spesies alien yang cepat sehingga mendominasi dalam penggunaan sumber makanan dan cahaya untuk pertumbuhan di lingkungannya.
.
“Oleh karenanya perlu penanggulangan dan pencegahan penyebaran tumbuhan Kaliandra,” tambahnya.
.
Menurutnya pendekatan secara hayati paling tepat dilakukan untuk menghalau invasi Kaliandra. Sebab beresiko kecil, tidak menyebabkan kekebalan, tidak membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan serta tidak memerlukan banyak campur tangan dari luar. 
.
“Caranya dengan memanfaatkan musuh alami dan memanipulasi inangnya,” pungkasnya.
.
#sobatCiremai, bagaimanakah kelanjutan nasib alien Kaliandra di gunung Ciremai?. Pantengin aja medsos kami ya.
.
So, mari belajar bersama untuk kelestarian alam sekitar kita.
.
[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC|082020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: