Mager Sore: Bincang Online Generasi Milenial Merawat Peradaban Dan Menjaga Alam


.
Sore tadi (16/9) sekitar pukul empat berlangsung bincang seru di dunia daring digital terkait peran generasi milenial dalam konservasi yakni merawat peradaban dan menjaga alam.
.
Terpantau 80an warganet ikut bincang online ini yang masih dalam satu rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN).
.
“Selamat datang para peserta zoom meeting. Sesaat lagi kita akan mulai diskusi ini. Monggo Pak Dirjen,” sambut Ratna Kusuma Sari, National Project Manager CCCD selaku host.
.
Host menginformasikan para narasumber yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno; Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK), Nandang Prihadi; Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kuswandono; dan Pegiat Alam, Harley Sastha.
.
“Generasi milenial yang memang akrab dengan teknologi informasi mesti punya peran dalam konservasi alam,” pesan Dirjen KSDAE, Wiratno.
.
Kemudian Direktur PJLHK, Nandang Prihadi mengatakan, generasi milenial mesti rajin ‘gerak’ untuk menikmati keindahan alam Indonesia sehingga merasa tidak ‘lelah’ dengan alam.
.
“Jangan mager (malas gerak, red) biar bisa menikmati alam,” katanya.
.
Lalu Kepala Balai TNGC, Kuswandono menyampaikan kita harus bersahabat dengan alam.
.
“Bersahabat dengan alam ialah makna sebenarnya dari konservasi yakni melindungi, mengawetkan, dan memanfaatkan secara lestari. Jadi terlepas dari apapun fungsi dan status suatu hutan, kita wajib melestarikannya,” katanya.
.
Ia menjelaskan, hutan merupakan sistem penyangga kehidupan misalnya gunung Ciremai yang menopang kehidupan di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), Jawa Barat.
.
“Keberpihakan kami kepada masyarakat yakni berbasis jasa lingkungan hutan seperti aktivitas wisata alam,” jelasnya.
.
Pamungkas Pegiat Alam, Harley Sasta menyampaikan pemikiran hasil pengalamannya berkeliling hutan Indonesia.
.
“Kita yang harus berubah mencintai alam. Bukan alam yang harus berubah demi kita,” pungkasnya.
.
Diskusi berlangsung seru karena ada puluhan hadiah merchandise gunung Ciremai hingga jam tangan bagi warganet yang berhasil menjawab pertanyaan para narasumber.
.
#sobatCiremai, yuk tetap cintai alam demi kelangsungan hidup dari generasi kita ke generasi selanjutnya. So, give our love for nature!.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © MPGC -BTNGC|092020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: