Mendaki Riang, Hati pun Senang Patuhi Prosedur Pendakian Gunung Ciremai

Sebelum masa pandemi Covid 19, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) sudah menerapkan serangkaian prosedur pendakian di antaranya booking online paling lambat H-1 pada situs www.tngciremai.com sesuai kouta tersedia seperti dikatakan Humas Agus Yudantara.

“Setelah selesai mengurus booking online termasuk melampirkan bukti transfer Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pendaki wajib datang pada hari H ke basecamp mulai pukul tujuh pagi sampai pukul sebelas siang,” kata Agus Yudantara, kemarin (18/9).

Nah saat masa pandemi ini, prosedur pendakian yang berlaku ditambah dengan protokol kesehatan ‘new normal’.

“Iya, saat pandemi ini pendaki wajib melampirkan Surat Keterangan Bebas Covid 19 bagi mereka yang berasal dari luar Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning),” ujarnya.

Agus menambahkan, di basecamp pendaki wajib menunjukan kode booking, mengikuti cek kesehatan, cek ulang perlengkapan, dan ‘briefing’ atau ‘safety talk’.

“Di samping surat bebas Covid 19 seperti dijelaskan tadi, pendaki juga wajib cek kesehatan. Nah cek kesehatan itu bisa di basecamp ataupun di fasilitas kesehatan lain asalkan suratnya tertanggal hari H pendakian,” tambahnya.

Menurut informasi salah satu masyarakat Mitra Pendakian Gunung Ciremai (MPGC) yang enggan disebutkan nama, segelintir pendaki kerap melakukan ‘modus’ terhadap Surat Keterangan Sehat.

“Kalau soal surat dari dokter memang banyak yang modus seperti tanggalnya sudah kadaluarsa. Ketika ditanya lebih jauh, biasanya pendaki model begitu beralasan tidak tahu. Kami sebut mereka itu Pendaki Rinyuh” ungkapnya.

Hal sedikit berbeda dikatakan Bang Jack, pendaki asal Pasar Minggu, Jakarta.

“Ah, kagak begitu gua mah. Gua ini patuh aturan. Ke sini kan naik kereta api, jadi otomatis gua bawa Rapid Test,” ucapnya saat ditemui di salah satu Rest Area Kuningan tadi pagi (19/9).

sobatCiremai, yuk patuhi prosedur pendakian biar kita bisa mendaki riang dan hatipun jadi senang. So, jadilah pendaki bijak, cerdas, dan bertanggung jawab!.


[Teks © Tim Admin, Foto © IG @viraprasetiaa @yesinuyani03 @banissulyann_17 @aprizaaw_ @melanyuliyani_ -BTNGC|092020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: