Yuk Kenali Pacar Air

Pacar Air atau “Impatiens balsamina L.” adalah tanaman tahunan atau dua tahunan yang memiliki bunga berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal tak berkayu. Sedangkan tepi daunnya bergerigi.

Tanaman ini sangat disukai lebah dan serangga lain yang membantu penyerbukannya.

Pacar air tidak dapat hidup di lingkungan yang kering. Namun Pacar Air dapat hidup tanpa akar karena batangnya bisa menghisap air. Bila kita taruh dalam gelas yang diisi air, maka tumbuhan ini masih bisa hidup.

Cara mengembangbiakkan tumbuhan ini adalah dengan menyebar biji benihnya atau dengan cara meletupkan buahnya.

Manfaat Pacar Air bisa digunakan sebagai pewarna alami yang didapat dari bunga dan daunnya. Nah, anak gadis zaman dulu sering mempergunakan Pacar Air untuk menghias kukunya.

Selain itu, tumbuhan ini juga bermanfaat untuk meredakan memar, peradangan, nyeri sendi, “carbuncles”, “dismenore”, sakit pinggang, dan gigitan ular.

Caranya mudah, ambil tiga sampai enam gram biji atau tiga sampai tujuh gram dari seluruh bagian tanaman Pacar Air. Kemuadian rebus dalam air sampai mendidih. Tiriskan. Lalu konsumsi secara rutin.

Untuk mengobati memar atau bagian yang menyakitkan, gunakan daun segar Pacar Air sebagai perban memar.

#sobatCiremai ada yang menambahkan manfaat Pacar Air?. So, ayo kenali, cintai, dan manfaatkan secara bijak tumbuhan sekitar kita.

[Teks © Tim Admin, Foto © IG @urbanina @raharjo_oke @risa_wish @belajarberkebun @taniyazaryan @herni_idris @fenny_tanady @nilagarden -BTNGC | 092020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: