Petugas dan Warga Selamatkan Seekor Kijang Nyasar Ke Pemukiman


.
Kemarin (11/10) petugas lapangan Polisi Kehutanan (Polhut) dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan menerima informasi temuan satwa liar. Ya, seekor Kijang atau ‘Muntiacus muntjak’ telah diamankan warga desa Gunung Keling, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.
.
“Sekitar pukul 8 malam (11/10) warga beberapa warga dikejutkan dengan kemunculan seekor Kijang ke tengah perkampungan. Kijang tersebut tampak panik dalam kondisi kelelahan. Kemudian dengan tanpa usaha terlalu keras, Kijang tersebut berhasil diamankan warga,” ungkap Polhut Aah Hidayatullah melalui pesan WA tadi malam (12/10) yag diamini Polhut Koko.
.
Menurut Aah, saat itu juga seorang Kepala Dusun langsung menghubungi petugas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) untuk menyerahkan Kijang malang.
.
Keesokan hari, petugas PEH mengecek kondisi Kijang.
.
“Ini Kijang betina. Kondisinya baik-baik saja dan tidak ada luka. Ia hanya kelelahan,” ungkap PEH Idin Abidin.
.
Idin menuturkan Kijang malang itu berasal dari dalam kawasan hutan gunung Ciremai.
.
“Lokasi Kijang nyasar tak jauh dari hutan, hanya berjarak 3 kilometer saja dari batas kawasan. Kemungkinan ia dikejar predator sehingga lari dan berakhir nyasar ke pemukiman,” katanya.
.
Tak lama Kijang nyasar itu dibawa dan dilepaskan kembali ke habitatnya di salah satu sudut lereng gunung Ciremai, Kuningan.
.
“Saat tali dan kain penutup dibuka, ia langsung loncat, berlari, dan bersembunyi di balik lebat pepohonan,” pungkas Polhut Koko.
.
#sobatCiremai, mudah-mudahan Kijang tadi bisa kembali hidup ‘normal’ di habitatnya ya. Amin!. So, mari cintai dan lindungi satwa liar sekitar kita.
.
[Teks, Foto, Video © Polhut & PEH-BTNGC|102020]
.

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: