Sedekah Bumi Desa Wisata Cibuntu, Gunung Ciremai


.
Beberapa hari lalu (15/10) di sisi timur gunung Ciremai ada gelaran Kawin Cai di Balong Dalem, desa Babakanmulya, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.
.
Nah kemarin Sabtu (17/10), berlangsung gelaran Sedekah Bumi Desa Wisata Cibuntu, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat di sisi utara gunung Ciremai.
.
Sejak pagi warga berduyun-duyun mendatangi lapangan desa. Mereka mengenakan ‘Pangsi’ dan ‘Kabaya’ sembari memikul hasil panen.
.
Padi, sayuran, buah, umbi dan kacang-kacangan ialah beberapa hasil panen yang mereka bawa. Ada pula nasi dan lauk untuk ‘dahar beurang babarengan’ (makan siang bersama, red).
.
“Sedekah Bumi lebih ditekankan sebagai ajang silaturahmi warga desa untuk memelihara hidup rukun”, jelas H. Awam, Kepala Desa Cibuntu dalam sambutannya.
.
Sementara Bupati Kuningan, Acep Purnama mengungkapkan, “Sedekah Bumi bisa menjadi ajang promosi desa wisata Cibuntu yang sudah punya destinasi Curug Gongseng, wisata edukasi ternak domba dan home stay”.
.
Hadir pula Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Beliau berpesan kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian pada masa pandemi Covid 19.
.
“Ingat dan terapkan terus 3M. Mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik,” pesannya.
.
Selain menggelar hasil bumi, acara ini juga mementaskan seni tradisional Sunda seperti Jaipong, Angklung, dan Gamelan.
.
Karena masih dalam masa pandemi, maka hajatan ini hanya bisa dinikmati warga desa Cibuntu dan sekitarnya saja ya.
.
#sobatCiremai, upacara adat Sedekah Bumi merupakan bagian penting dari kekayaan sosial budaya yang punya andil dalam upaya pelestarian alam Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
Nah tepat hari ini, TNGC memasuki usia ke 16 lho. Semoga semakin bisa mensejahterakan masyarakat yang sebenar-benarnya.🙏👌
.
[Teks & Foto© Resor Jasling – BTNGC|102020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: