Begini Situasi Kunjungan Wisata Alam Gunung Ciremai Saat Libur Panjang Masa Pandemi

Wisata alam dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat cukup mendapat perhatian pengunjung saat libur panjang lima hari pada akhir Oktober ini.

Ya, ada 44 lokasi wisata alam di kaki gunung Ciremai yang bisa pengunjung sambangi untuk melepas penat di tengah pandemi Covid 19.

“Kunjungan wisata libur panjang ini seperti ‘double weekend’. Sebenarnya jumlah pengunjung tak jauh beda dengan libur akhir pekan biasa,” kata Humas Agus Yudantara (31/10).

Ia menjelaskan, meskipun ada kenaikan jumlah pengunjung namun sebarannya tak merata di setiap lokasi wisata alam.

“Memang terdapat wisata alam favorit seperti bumi perkemahan (buper) Palutungan, Ipukan, Tenjo Laut, Talaga Surian, Talaga Remis, dan Cipaniis. Sedangkan untuk lokasi wisata alam lainnya masih perlu gencar berpromosi agar lebih dikenal sehingga pengunjung mau datang,” jelasnya.

Penerapan protokol kesehatan (prokes) secara konsisten amat penting saat ‘euforia’ begini untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Kami tekankan kepada semua Mitra Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) dan pengunjung untuk selalu taat prokes,” tegasnya.

Cek suhu, mengenakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak merupakan rangkaian ‘ritual’ wajib saat piknik ke gunung Ciremai.

“Mari kita saling mengingatkan soal prokes antara pengelola dan pengunjung. Misalnya bila kedapatan pengunjung yang tak mengenakan masker, tegur saja. Lalu persilakan beli masker. Begitu juga sebaliknya,” tutupnya.

sobatCiremai mari tetap patuhi prokes demi kesehatan dan keselamatan bersama. Enjoy our holiday!.

[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC|102020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: