Di sini Cintaku Bersemi Kembali

Cinta, cinta, oh cinta. Cinta adalah suatu emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Seperti itulah cinta.

Begitu juga dengan yang aku rasakan saat ini, lagi jatuh cinta alias ‘failling in love’ tapi bukan cinta cintaan kaya cinta monyet lho. Namun ini cinta yang aku rasakan yaitu cinta pada masyarakat yang dulu aku pernah tinggalkan selama bertahun-tahun karena mengemban tugas di tempat lain. Kini aku bisa kembali hadir di antara mereka.

Memang sangat berat cintaku pada masyarakat yang berada di kaki gunung Ciremai. Bagaimana tidak, aku bertahun-tahun bersama mereka berjuang dan berusaha agar mereka tidak menggarap hutan. Lantas dengan mereka turun dari  dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) waktu itu. Kemudian dengan tertatih tatih membangun ekonomi masyarakat sekitar kawasan hutan. Berat, karena harus mengorbankan waktu, tenaga, dan bahkan biaya. Tapi yah begitulah perjuangan.

Setelah berhasil membangun aktivitas ekonomi dengan berat hati, aku tinggalkan mereka. Enam tahun sudah kita berpisah. Kini kita bisa berkumpul kembali untuk bisa melanjutkan cerita cinta kita yang tertunda yakni ‘Hutan Terjaga, Masyarakat Sejahtera, dan Petugas Bahagia. Itulah cita-cita kita semua. Di sinilah cintaku bersemi kembali.

[Teks © Dadan Polhut, Foto © Tim Admin -BTNGC|012021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: