‘Soft Opening’ Wisata Alam Tenjo Layar, Gunung Ciremai


.
“Tenjo Layar sebuah lokasi yang sangat menjanjikan sebagai wisata alam minat khusus”, demikian lontaran kalimat Wakil Bupati (Wabup) Kuningan, M. Ridho Suganda dalam sambutannya kemarin (21/01).
.
Wabup Kuningan mengapresiasi kerjasama yang selama ini sudah terjalin antara masyarakat sebagai operator, pemerintah kabupaten (Pemkab), desa Sangkanerang dengan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
“Itu semua tidak terlepas dari kerja keras pimpinan Balai TNGC dan Pemkab Kuningan,” ungkap beliau.
.
Beliau pun berharap kolaborasi ini terus terjalin dengan baik.
.
“Salah satu hasil kegiatan kolaborasi, ya ini riilnya”, tambah beliau.
.
Lebih lanjut Wabup mengatakan, pandemi Covid 19 bukanlah halangan bagi Kuningan untuk terus berkarya dan memajukan masyarakat dalam usaha wisata alam. Hanya saja tetap terbatas pada waktu tertentu serta tetap menerapkan protokol kesehatan.
.
Peluncuran wisata alam anyar itu pun dihadiri unsur pemerintah desa Sangkanerang beserta masyarakat setempat; kecamatan Jalaksana; Koramil Jalaksana, Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Kabupaten Kuningan.
.
Dari informasi yang @gunung_ciremai himpun, masyarakat desa Sangkanerang, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat ini berkeinginan mengelola wisata alam Tenjo Layar dalam kawasan TNGC untuk mewujudkan desa wisata.
.
Oh ya, sebenarnya Tenjo Layar sudah memiliki Izin Usaha Pemanfaatan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) perorangan atas nama Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Ciremai Indah sejak beberapa tahun lalu.
.
Ketua Kompepar Ciremai Indah, Ivan Sopyan mengatakan, ke depan mereka merencanakan ‘Grand Opening’ yang menghadirkan Bupati Kuningan, Kepala Balai TNGC, dan bahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
.
“Ini awal yang baik untuk meningkatkan aktivitas masyarakat dalam mengelola wisata alam dalam kawasan TNGC. Kami menginginkan Tenjo Layar menjadi obyek wisata minat khusus,” pungkasnya.
.
#sobatCiremai, apa saja spot menarik di sana?. Bagaimana kelanjutan kiprah Tenjo Layar dalam dunia pariwisata gunung Ciremai?. Pantengin saja medsos @gunung_ciremai.
.
[Teks & Foto © Humas-BTNGC|012021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: