Begini Manfaat Daun Pinus, Penghuni Lama Gunung Ciremai

“Jangan pernah lupakan sejarah,” itu yg pernah Bung Karno sampaikan kepada rakyat Indonesia. Begitupula dengan kita, tak boleh melupakan sejarah panjang pengelolaan kawasan hutan Gunung Ciremai.

Sebelum ditunjuk menjadi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), gunung ini berstatus hutan produksi yang ditanami tumbuhan berkayu komersial yaitu Pinus (Pinus merkusii).

Hampir seluruh kaki gunung Ciremai dikelilingi Pinus. Ternyata, selain bermanfaat kayunya, ada bagian lain Pinus yang bermanfaat. Salah satunya daun. Sobat sudah tahu?.

Ya, daun Pinus bisa diekstrak menjadi minuman jamu. Hmm, mengkonsumsi jamu yang  terbuat dari ramuan daun Pinus diyakini cukup efektif sebagai solusi penyembuhan stroke jika dikonsumsi secara rutin. Karena daun Pinus mengandung sejumlah nutrisi antara lain protein, zat besi, fosfor, vitamin C, vitamin E, flavonoid, riboflavin, thiamin, dan niasin.

Oleh karenanya, para penderita penyakit stroke dianjurkan untuk mengonsumsinya sebagai asupan obat herbal alami.

Menurut pakar kesehatan asal Baverly Hills, Amerika Serikat, Dr. Jennifer Hermann mengatakan bahwa kemampuan daun Pinus dapat dibuat sebagai obat herbal dalam menyembuhkan stroke, termasuk juga dalam kasus penyakit stroke dalam tingkat kronis yang sudah sangat membahayakan.

Selain mengobati stroke, ekstrak daun pinus juga mengobati penyakit flu & demam, menyembuhkan masalah pernafasan, meredakan nyeri otot, dan mengurangi stres.

Namun, karena status kawasan gunung Ciremai telah menjadi kawasan hutan konservasi, tentu pengambilan daun Pinus untuk ekstrak juga harus sesuai prosedur yang telah ditentukan ya. Jadi, tidak boleh asal ambil terlebih dalam skala yang besar.

sobatCiremai yang ingin mengetahui lebih lanjut, dengan senang hati kami menunggu respon sobat di Resor Pengawetan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan, blok Nini Kadrem, desa Randobawagirang, Mandirancan, Kuningan, Jawa Barat. Boleh juga chat ke nomor +62 811-2187-429. Tentu akan ada banyak cerita yang berkesan untuk kami bagikan.

So, mari kenali, cintai, dan manfaatkan secara lestari tumbuhan sekitar kita.
.
[Teks & Foto © Idin Abidin-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: