Cerita Batu Lingga Di Jalur Pendakian Linggajati, Gunung Ciremai


.
Suatu hari di penghujung Januari (31/1), @gunung_ciremai punya kesempatan menjajal jalur pendakian Linggajati, desa Linggajati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.
.
Ya, untuk menuju atap tertinggi Parahyangan 3078 meter di atas permukaan laut (mdpl), @gunung_ciremai memilih jalur ekstrem nan melegenda ini.
.
Singkat cerita, tibalah kami di ketinggian 2200 mdpl atau di Transit Camp Batu Lingga. Di sana teronggok sebuah batu yang dipagari dahan kayu. Itulah Batu Lingga, demikian para Ranger dan masyarakat setempat menyebutnya.
.
“Sebenarnya Batu Lingga itu besar. Namun pada medio 2000an batu tersebut raib. Entah ke mana,” kata Ranger Linggajati, Kang Ewer.
.
Menurutnya, beberapa tahun lalu Ranger berinisiatif menyusun kembali Batu Lingga sebagai pertanda cerita dan legenda gunung Ciremai.
.
Konon, Batu Lingga erat kaitannya dengan Sunan Gunung Jati, salah satu Wali Songo dari Kasultanan Cirebon.
.
Alkisah, pada abad ke 16 Masehi atau pada prakiraan 1521 sampai 1530, Sunan Gunung Jati melakukan ‘tadabur’ alam ke gunung Ciremai via Linggajati.
.
“Kanjeng Sunan bermunajat kepada Gusti Alloh di tempat ini untuk mencari jalan keluar dalam menghadapi peperangan melawan penjajah Portugis,” katanya.
.
Menurut penuturan versi cerita lain, area Batu Lingga diyakini sebagai jalan yang dapat tembus ke kawah ganda. Pasalnya, ketinggian tempat Batu Lingga dipercaya sejajar dengan dasar kawah gunung Ciremai.
.
“Memang begitu ceritanya. Tapi kita mesti melihat dengan mata batin,” tuturnya.
.
Konon, setelah Sunan Gunung Jati tidak berada di Batu Lingga, Nyi Linggi datang ke tempat tersebut. Ia hendak menggantikan sang Sunan. Di sana ia ditemani dua ekor macan tutul kesayangannya. Tujuan dari tapanya untuk mendapatkan ilmu kedigdayaan.
.
Namun dikisahkan, Nyi Linggi kemudian mengalami kegagalan dalam tapa brata sehingga tidak mendapatkan ilmu yang diinginkannya. Lalu, Nyi Linggi meninggal dunia. Sedangkan dua ekor macan tutul kesayangannya raib. Konon, pada waktu tertentu, Nyi Linggi terkadang menampakan dirinya.
.
#sobatCiremai, terlepas dari benar atau tidak cerita tadi. Tapi satu hal yang perlu kita ingat, bercerita atau mendongeng merupakan budaya yang patut kita lestarikan. Karena dalam cerita rakyat banyak pelajaran yang bisa kita ambil. So, mari dengarakan cerita rakyat.
.
[Teks & Foto © Tim Admin-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: