Cerita Ranger & Porter Jalur Pendakian Linggajati, Gunung Ciremai


.
Tentu sobat sudah tahu, Linggajati merupakan satu dari empat jalur pendakian menuju pucuk gunung Ciremai, atap tertinggi Jawa Barat.
.
Nah, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mengelola wisata alam pendakian gunung bekerjasama dengan masyarakat setempat yang tergabung dalam Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC). PPGC mengelola jalur pendakian melalui Izin Usaha Pemanfaatan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) badan usaha koperasi dan atau perorangan yang mengatasnamakan PPGC.
.
“Ranger dan Porter adalah bagian dari PPGC,” kata Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Linggajati, PPGC Linggajati, Lili Suali saat ditemui di Base Camp (BC) Linggajati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, kemarin (31/1).
.
Lili mengatakan, tugas utama Ranger adalah memastikan keamanan pendaki termasuk ‘Search and Rescue’ (SAR).
.
“Ranger itu tugasnya berkenaan dengan SAR. Kalau tugas Porter mah, ya membawa barang pendaki dengan tarif tertentu,” katanya.
.
Seorang Ranger sekaligus Porter jalur pendakian Linggajati, Kang Ewer menceritakan pengalamannya kepada @gunung_ciremai.
.
“Dari kecil saya sudah di sini. Jadi pas ikut PPGC ya sudah terbiasa. Sudah kenal seluk beluk jalur pendakian Linggajati,” katanya.
.
Kang Ewer menceritakan, beban maksimal bagi seorang Porter seberat 30 kilogram (kg) sekali jalan.
.
“Logistik berupa alat kemping, memasak, dan konsumsi yang seberat itu bisa kami bawa sampai ke Transit Camp (TC) I Batu Lingga. Tentu saja dengan jalan pelan ya” katanya sambil tersenyum.
.
Tak hanya membawa logistik, seorang Porter juga mesti punya keahlian memasak dan pengobatan tradisional.
.
“Memang harus bisa memasak. Saya juga acap menolong pendaki yang sakit pada bagian kaki. Ya, paling saya urut-urut sedikit kakinya biar aga enak jalannya. Intinya ikhlas saja berapapun dan apapun situasi dan kondisinya,” ceritanya.
.
Sementara itu, Kepala Balai TNGC, Kuswandono melalui Humas Agus Yudantara mengatakan akan meningkatkan kapasitas Ranger, Porter, Pemandu pendakian gunung Ciremai.
.
“Bila tak ada halangan, tahun ini kami akan selenggarakan pelatihan, bimbingan teknis, dan sertifikasi Ranger, Porter, Pemandu pendakian gunung Ciremai. Tentu dengan menggandeng instasi yang berwenang. Mudah-mudah mereka semakin hebat dan semangat,” pungkasnya.
.
Hmm, #sobatCiremai punya pengalaman berkesan dengan Ranger dan Porter pendakian gunung Ciremai?. Tulis di kolom komentar ya.
.
Oh ya, jalur pendakian Linggajati, Linggasana, dan Palutungan masih ditutup sampai pemberitahuan selanjutnya.
.
[Teks & Foto © Tim Admin-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: