Kayu Tumbang Bikin ‘Hariwang’ Di Curug Cipeuteuy, Gunung Ciremai


.
Hujan deras disertai angin kencang belakangan ini kerap terjadi di negeri ini, termasuk sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Keadaan tersebut menimbulkan banyak kejadian tak terduga, seperti pohon tumbang yang bisa menimpa apa saja yang ada di bawahnya.
.
Beberapa waktu lalu terjadi pohon tumbang di wisata alam Curug Cipeuteuy, desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat. Ya, Pinus yang berumur puluhan tahun roboh ke tempat pengunjung sering berkumpul. Tapi untung insiden tersebut terjadi pada malam hari sehingga tidak ada aktivitas pengunjung wisata alam.
.
Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka, Jaja Suharja Senjaya melalui Kepala Resor Perlindungan, Dadan mengatakan bergerak cepat menangani bencana tersebut.
.
“Begitu dapat informasi, tim Polisi Kehutanan (Polhut) segera meluncur ke tempat kejadian dan menangani dua batang kayu tumbang tersebut,” kata Dadan (3/1).
.
Untuk mengantisipasi kejadian serupa, beliau mengatakan akan mendata pepohonan yang rawan tumbang akibat intensitas hujan tinggi di wisata alam Curug Cipeuteuy. Kemudian mengambil langkah yang perlu dilakukan dalam antisipasi kejadian pohon tumbang seperti melokalisir tempat kejadian dan memasang papan informasi.
.
Selain itu, beliau pun menghimbau kepada pengunjung agar waspada dan tanggap terhadap gejala alam.
.
“Meski tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun kejadian ini memberikan pelajaran buat kita supaya lebih berhati-hati di mana pun berada,” pungkasnya.
.
#sobatCiremai, semoga tidak terjadi lagi peristiwa pohon tumbang yang mengancam keselamatan jiwa kita. Amin!
.
[Teks © Dadan, Foto © Isis & Mandur-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: