Kenalan Yuk dengan Bubut Alang-Alang


.
Salah satu penghuni Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang akan kami kenalkan saat ini ialah Bubut Alang-Alang. Adakah sobat Ciremai yang tahu?.
.
Ya, Bubut Alang-Alang adalah salah satu jenis burung berukuran besar dari keluarga ‘Cuculidae’ yang sebelumnya kita sudah bertemu dengan jenis lain dari keluarga tersebut yaitu Kadalan birah dan Kadalan kembang. Anggota keluarga lainnya yang ingin dikenal oleh Sobat Ciremai adalah Bubut Alang-Alang atau ‘Centropus bengalensis’.
.
Bagi sobat yang sering bereksplorasi di daerah perkebunan sekitar kawasan TNGC atau dalam kawasan TNGC yang tutupan tumbuhannya didominasi oleh alang-alang, pasti pernah berjumpa dengan jenis burung ini.
.
Dikatakan sebagai jenis burung besar dikarenakan memiliki ukuran yang agak besar yakni 42 centimeter (cm). Penampilan fisik dari warna yaitu berwarna cokelat kemerahan dan hitam, dengan ekor panjang melengkapi keindahan penampilannya. Ciri lainnya yaitu mantel berwarna coklat berangan pucat, tersapu hitam, dengan warna paruh dan kaki yang juga hitam.
.
#sobatCiremai juga bisa mengetahui keberadaannya dengan mendengar suara yang khas, terdiri dari beberapa nada “hup” rendah yang meningkat temponya, dilanjutkan dengan tiga bunyi “hup” yang terpecah menjadi rangkaian “logokok, logokok, logokok”.
.
Di balik keindahannya, Bubut Alang-alang memiliki peran penting dalam ekosistem terutama bagi Petani karena berperan sebagai pengendali populasi jenis-jenis fauna yang sering menjadi hama yaitu ulat, belalang, dan serangga lainnya. Jadi mari kita jaga ya Sob kelestariannya di alam agar fungsi ekologinya yang berkaitan juga dengan fungsi ekonomi tetap terjaga. Salam Lestari!.
.
[Teks & Foto © Robi G-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: