MPA Membangun Asa


.
Masyarakat Peduli Api (MPA) adalah masyarakat yang secara sukarela peduli terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang telah dilatih atau diberi pembekalan serta dapat diberdayakan untuk membantu kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.
.
Luar biasa sekali dengan sukarela mereka menarohkan jiwa dan raganya untuk menyelamatkan hutan dari ganasnya api yg membakar di kawasan hutan. Tapi, apa hubungannya yah lagi musim hujan begini cerita kebakaran hutan.
.
Bukan itu yang ingin di ceritakan episode kali ini, perjuangan anggota MPA  dalam mengais rezeki di sektor Budi daya lebah Klanceng atau ada yang bilang lebah tanpa sengat. Apa iya yah lebah tidak menyengat?. Iya asli lebah ini tidak menyengat. Yang saat ini lagi di budi daya kan di sekitar kawasan penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai.
.
Lebah Klanceng yang memiliki nama latin ‘Trigona’ ini memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari lebah madu, dan bahkan lebih kecil dari lalat, lebah Klanceng berwarna hitam dengan kaki berbulu dan biasanya hidup di celah celah pohon yang kering, lobang pada tembok.
.
Karena ukuranya yang sangat kecil banyak yang mengira kalau lebah ini adalah semut bersayap. Lebah Klanceng juga mampu menghasilkan madu, yang kualitas madunya lebih bagus jika dibandingkan madu yang dihasilkan lebah madu biasa, tak heran jika madu lebah klanceng sangat banyak dicari dan yang pasti harganya juga jauh lebih mahal. Dan konon katanya madu lebah klanceng bisa buat itu lho. Buat tambah prima stamina.
.
Cerita nya bersambung yah di episode lI.
.
[Teks © Dadan, Foto © Agus D-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: