No Holiday For Ciremai! Linyomyan: Melindungi, Mengayomi, dan Melayani

Bertugas sebagai abdi negara adalah sebuah pengabdian, terutama menjaga hutan konservasi sebagai benteng terakhir sumberdaya alam hayati.

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) merupakan hutan konservasi. Nah, salah satu pertimbangan penunjukan TNGC yakni keanekaragaman hayati tinggi sebagai menara air yang menyuplai wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), Jawa Barat.

Oleh karenanya dapat dipastikan apabila kondisi hutan gunung Ciremai rusak maka sengsaralah hidup manusia yang ada di sekitarnya. Air yang merupakan kebutuhan vital akan menjadi sesuatu yang langka dan menjadi konflik di antara manusia itu sendiri.

Selain itu, bencana akan selalu mengintai. Sudah banyak contoh akibat hutan gundul terjadi longsor dan banjir bah.

Kami, Polisi Kehutanan (Polhut) banyak melakukan upaya pencegahan. Kami menggalakan perlindungan dan pengamanan gunung Ciremai. Sebagai contoh, kami bekerja 24 jam setiap hari. Seperti yang kami lakukan saat ini, Sabtu (7/2) di Blok Telaga Bogo, Batu Luhur, dan Gibug, kami melakukan patroli dan anjangsana kepada kelompok Bujangga Manik dan Pemerintah Desa Pasawahan, Kuningan.

Dalam tugas tersebut, kami tak menemukan tindak pidana kehutanan. Kami berharap masyarakat setempat semakin menemukan cinta terhadap gunung Ciremai.

Pada saat anjangsana, kami menitip pesan kepada kelompok masyarakat agar pro aktif memberikan informasi apabila menemukan tindakan pelanggaran. Terlebih, kelompok masyarakat tersebut merupakan mitra kami dalam
pengelolaan wisata alam.

Hmm, saat yang lain libur, kami tetap bersua dan bersilaturahmi. Tidak ada kata lelah, justru kami menjalani tugas kami dengan senang hati. Melindungi, mengayomi, dan melayani atau Linyomyan adalah motto kami, Polhut.

Semoga semua ini menjadi ladang pahala dan sumber rejeki kami. Karena suatu saat nanti, hutan dan seisinya akan bersaksi bahwa kami telah menjaga karunia Sang Maha Pencipta dengan sebaik mungkin. #sobatCiremai, mari bantu kami menjaga karuniaNya.

[Teks © Hamdan, Foto © San Andre & Hamdan-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: