Perdu Penyembuh Luka

Hallo! Apakah sobat tahu tentang tumbuhan perdu yang satu ini?. Perawakannya perdu, jenis tumbuhan berbunga mempunyai bunga cantik dan batang berduri. Mestinya sobat tahu karena tumbuhan ini banyak tumbuh di sekitar kita.

Di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) terutama di area terbuka, tumbuhan ini banyak dijumpai. Ia tumbuh  liar dengan cepat sehingga sulit dikendalikan.

Oh ya, kami punya pengalaman berkesan dengan tumbuhan ini. Waktu itu kami sedang melakukan kegiatan pemantauan Elang Jawa. Tatkala sedang asyik melakukan pemantauan, tiba-tiba turun hujan sehingga keberadaan tanah sekitar menjadi basah dan licin sehingga kami terburu-buru untuk berlindung.

Kami tergelincir di semak yang mengakibatkan telapak tangan sobek. Darah pun mengalir tertusuk salah satu batang semak.

Beruntung kami punya sedikit pengetahuan tumbuhan yang dapat menyembuhkan luka ini. Kami pun mencoba memetik beberapa helai daun. Kemudian diremas sampai berair. Lalu menempelkannya pada luka. Hmm, rasanya luar biasa perih beberapa saat. Namun darah pun berhenti mengalir dan berangsur sembuh tanpa diberi obat lagi. Luar biasa bukan?.

Apa nama tumbuhan yang luar biasa tersebut?. Usut punya usut, nama tumbuhan itu adalah Tembelekan. Kalau orang Kuningan bilang Saliara atau Reba.

Ia punya nama latin ‘Lantana camara’ dari suku ‘Verbenaceae’ yang merupakan jenis tumbuhan berbunga dan memiliki banyak percabangan dengan tinggi antara setengah sampai empat meter.

Itulah sekelumit pengalaman kami. Semoga bermanfaat, sobatCiremai. So, mari kenali tumbuhan sekitar kita.

[Teks © Resor Pemanfaatan II, Foto © Tim Admin-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: