Wow, Inilah Jamur Merah Gunung Ciremai

Suatu hari di musim penghujan tahun ini, @gunung_ciremai berkesempatan menjelajahi sisi timur lereng hutan gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat. Di sanalah secara tak sengaja kami menjumpai ‘Red Mushroom’.

Jamur Merah, begitulah kami menyebutnya. Karena ia memang punya tubuh berwarna merah menyala kontras dengan warna kusam lingkungan sekitarnya.

Ukuran tubuh Jamur Merah ini tergolong kecil, tak lebih dari tiga centimeter (cm). Ia punya batang bulat panjang. Bagian atas nampak seperti payung.

Ia tumbuh sendirian pada sebatang pohon lapuk nan mati yang dikelilingi dedaunan mulai membusuk. Udara sekitar habitat ia tumbuh pun terasa lembab.

“Saya sudah bertugas 5 tahunan di sini. Namun baru kali ini menjumpai jamur berwarna merah begini. Mungkin karena ukurannya kecil, jadi jarang terlihat,” kata seorang petugas Ranger yang menemani kami (14/1).

Dari warna merah tubuhnya, dapat diprakirakan jamur ini bukan tergolong jamur layak konsumsi manusia. Ya, dengan mencermati warna tubuh jamur yang tumbuh alami, dapat kita duga aman dimakan atau tidak. Semakin cerah warna jamur, maka semakin kecil layak konsumsi manusia.

Lagi pula Jamur Merah ini hanya tumbuh seorang diri. Rasanya tak tega mencabut apalagi memakannya. Lebih baik mengamati, memotret, dan mencari tahu siapa dia sebenarnya kan?.

Hmm, mungkin #sobatCiremai punya informasi terkait Jamur Merah ini?. Tuliskan di kolom komentar ya.

So, mari kenali, cintai, lestarikan tumbuhan sekitar kita.

[Teks & Foto © Tim Admin-BTNGC|022021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: