Bebagi Cerita Di Ujung Senja

“Senja di batas kota. S’lalu teringat padamu. Saat kita kan berpisah. Entah untuk b’rapa lama,” lirik lagu lama yang dinyanyikan Ernie Djohan. Sepintas sangat sesuai dengan upaya petugas Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) saat ini dalam mencegah dan menangani berbagai masalah tindak pidana kehutanan terutama kebakaran dan perburuan liar yang berbatasan dengan pemukiman warga yang belum tersentuh.

Pola pendekatan ‘door to door’ masyarakat yang berada sekitar kawasan hutan memang cukup menguras waktu, energi, dan biaya. Tapi justru dinilai sebagai cara yang efektif dan lebih humanis.

Ya, kami mengunjungi kampung Beleukeueung, Desa Payung, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat. Kampung ini paling ujung dan berbatasan langsung dengan TNGC.

Menurut data kami, di daerah itu sering terjadi kebakaran, baik kebakaran yang terjadi di hutan milik maupun di kawasan hutan gunung Ciremai.

Hampir saban sore hingga senja, kami melakukan anjangsana untuk berbagi cerita dengan mereka. Ternyata mereka sangat antusias saat kita dekati. Mereka menyambut baik kedatangan kami dan mereka berharap bisa ikut dan melestarikan dengan menanam pohon yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Alhamdulillah dari pendekatan yang selama ini kami lakukan di masyarakat mendapatkan hasil, dibuktikan dengan terbentuknya Masyarakat Peduli Api secara mandiri dengan nama Lodaya Hideung.

“Ini merupakan upaya dari teman-teman Polhut yang selalu berusaha untuk melakukan terobosan dalam penanganan masalah yang terjadi di TNGC dan dibuktikan dengan hasilnya,” ungkap Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka (6/3).

Dalam waktu dekat kelompok masyarakat  tersebut mau melakukan kegiatan Gerakan Sekat Bakar Sakampung atau di sebut juga Gasak.

Sobat Ciremai, mudah-mudahan ini merupakan awal dari upaya menurunkan tindak pidana kehutanan khususnya untuk masalah kebakaran hutan. Ternyata berbagi cerita di ujung senja membawa hasil yang nyata. Amin!.

[Teks © Dadan, Foto © Tim Admin & Mandur-BTNGC |032021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: