Re-Packing Logistik Pendaki Gunung Ciremai


.
Sejak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menerapkan Prosedur Tetap (Protap) Pendakian pada pertengahan 2019, keberadaan sampah anorganik berkurang drastis.
.
Ya, Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) pada empat jalur yakni #Apuy, #Linggajati, #Linggasana, dan #Palutungan memang rutin melakukan operasi bersih secara mandiri.
.
Selain itu, mekanisme di Base Camp (BC) pun semakin diperketat. Setiap pendaki wajib mengikuti empat tahap lapor. Pertama, verifikasi kode booking. Ke dua, cek kesehatan. Ke tiga, cek perlengkapan dan logolistik alias re-packing. Ke empat, safety talk.
.
Nah, pada saat re-packing inilah seluruh perlengkapan dan logistik pendaki di cek ulang. Bila masih ada yang kurang, maka pendaki mesti melengkapinya.
.
Pada tahap ini pula potensi sampah anorganik di tekan. Setiap plastik kemasan makanan dan minuman sebisa mungkin dikemas dan diringkas ke dalam wadah yang ramah lingkungan. Misalnya bungkusan mie instan dibuka lalu disatukan ke dalam toples. Begitu pula dengan bahan konsumsi lain.
.
Dengan demikian, pendakian ‘zero waste’ atau bebas sampah di gunung Ciremai akan segera terwujud. Amin!.
.
#sobatCiremai, ayo menjadi pendaki bijak, cerdas, dan bertanggung jawab terhadap alam dan sesama!.
.
[Teks & Image ©Tim Admin-BTNGC|032021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: