Yuk Kenali Si Cantik Sikatan Belang


.
Sikatan Belang (Ficedula westermanni) ialah spesies burung dari keluarga ‘Muscicapidae’ dari genus ‘Ficedula’. Burung ini merupakan pemakan serangga kecil, lalat, kumbang, ulat, dan laba-laba. Ia memiliki habitat di hutan pegunungan, hutan cemara, hutan lumut yang tersebar pada 1000 sampai 2600 meter di atas permukaan laut (mdpl).
.
Sikatan Belang termasuk burung kicauan yang mempunyai ukuran badan terbilang kecil. Ukuran badan dari burung Sikatan Belang maksimal hanya 11centimeter saja. Itu terhitung dari pangkal paruh hingga pada bagian ujung ekornya.
.
Warna bulunya didominasi warna putih yang terdapat di bagian bawah tenggorokan hingga pada bagian perutnya. Selain itu ada juga pada bagian garis sayapnya, dan garis panjang di bagian atas kepalanya.
.
Tak hanya putih, tetapi terdapat pula warna hitam yang mewarnai bulu di bagian atas kepala, pipi, punggung, sayap, dan juga pada bagian ekornya.
.
Oh ya, warna Sikatan Belang betina cenderung lebih gelap atau berwarna kecoklatan lho.
.
Satwa penerbang ini memiliki area persebaran tidak hanya di wilayah Indonesia. Burung ini juga banyak tersebar di berbagai negara. Beberapa negara tersebut meliputi Nepal, India, Tiongkok, Thailand, Myanmar, Laos, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.
.
Sedangkan keberadaannya di Indonesia terletak di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Jawa, Bali, Sumbawa, Lombok, Kepulauan Sula, Alor, dan Flores.
.
#sobatCiremai, ayo kita jaga populasi si cantik Sikatan Belang agar ekosistem bumi tetap terjaga.
.
[Teks & Foto © Ramli Fhut Universitas Bengkulu -BTNGC |032021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: