Direktur PKHL Apresiasi MPA Paralegal Gunung Ciremai

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Basar Manullang melakukan lawatan ke gunung Ciremai di Majalengka, Jawa Barat (6/4).

Kedatangan beliau untuk memberikan arahan dan pembinaan kelompok kemitraan konservasi Masyarakat Peduli Api (MPA) Paralegal ini didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka, Jaja Suharja Senjaya beserta jajarannya.

Kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) beberapa tahun lalu telah mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Baik dari segi ekologi maupun ekonomi. Jika dilihat dari segi ekologi, tercatat lebih dari tiga ribu hektar (ha) tegakan hutan telah berubah menjadi semak belukar yang sulit untuk dihutankan kembali. Sedangkan jika dilihat dari segi ekonomi, tanaman budidaya yang telah dikembangkan masyarakat sekitar hutan menjadi tidak produktif bahkan mati.

“Kami berikan apresiasi terhadap MPA Paralegal yang sudah bekerja keras dan semangat dalam menjaga hutan”, kata Dirjen PKHL, Basar Manullang dalam sambutannya di desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka.

Lebih lanjut beliau menyampaikan penilaiannya terhadap MPA Paralegal dan Instansi terkait, “Konektivitas kemitraan konservasi MPA paralegal dengan semua pihak seperti Pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas sudah berjalan baik. Karena semua saling melengkapi dan mampu bekerjasama dengan sangat baik”.

“Kami ucapkan terima kasih kepada MPA Paralegal desa Bantaragung dan Instansi terkait serta semua pihak yang telah berjibaku dalam pengendalian kebakaran hutan. Mari terus bekerjasama demi mewujudkan langit biru di gunung Ciremai,” tutup Basar Manullang.

SobatCiremai, semoga kita semakin bersemangat dalam kemitraan konservasi.

[Teks & Foto © Tim Admin-BTNGC|042021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: