Begini Cara Burung Bisa Terbang


.
Seluruh bagian tubuh burung diciptakan Tuhan untuk mendukung penerbangan. Burung punya tulang yang ringan, kaki yang kuat, dan sayap dengan bentuk khusus.
.
Terbang membuat burung menjadi pemburu makanan yang pintar.
.
Hmm, terbang berkenaan erat dengan ‘aerodinamika’. Ya, ilmu ini merupakan penjelasan bagaimana udara bergerak di sekitar kita dan juga bisa membantu menjelaskan bagaimana burung bisa terbang.
.
Seekor burung mampu terbang karena menggunakan kaki untuk mendorong tubuhnya dari tanah ke udara. Lalu mengepakkan sayap untuk bisa tetap melayang di udara yang disebut gaya angkat atau ‘lift’. Jadi, burung mendorong kaki dan mengangkat sayapnya secara bersamaan agar bisa terbang.
.
Sayap burung melengkung seperti sendok terbalik. Bentuk ini membuat burung bisa terbang ke atas, ke bawah, dan membantu burung tetap bisa di udara. Bulu burung juga berpengaruh dalam hal ini agar gaya angkatnya semakin besar.
.
Namun burung tidak mesti mengepakkan sayap terus-menerus untuk terbang. Setelah mereka berada di atas, mereka bisa meluncur dengan mudah. Mereka hanya butuh mengepakkan sayap sekali-kali saja. Berbeda jenis burung, bisa jadi akselerasi terbangnya juga berbeda.
.
Bagaimana menurut #sobatCiremai?. So, terus menambah pengetahuan kita.
.
[Teks © Tim Admin, Foto ©PEH-BTNGC|062021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: