Kala MPGC Berguru ‘Service Excellent’ Ke Tanakita


Selama tiga hari, pada 5 hingga 7 Juni 2021, sembilan perwakilan Mitra Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) yang telah berbadan usaha koperasi sowan ke Five Star Camp Tanakita, Sukabumi, Jawa Barat.
.
‘Benchmarking’ MPGC ke pionir ‘glamour camping’ (glamping) yang bersemayam di kaki gunung Gede-Pangrango ini didampingi Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kuswandono bersama tiga Kepala Resor Pemanfaatan.
.
“Tempat ini merupakan pelopor glamping Indonesia. Sejak 2006, dalam pengelolaannya, mereka memadukan antara cinta lingkungan dan keramahan khas pecinta alam. Ada banyak hal yang mesti kita contoh di sini,” kata Kuswandono.
.
Sementara sang tuan rumah Tanakita, Kang Baba dan Kang Ical menyambut ramah kedatangan para penghuni gunung Ciremai.
.
“Wilujeng sumping, selamat datang di tempat kami. Kita akan belajar bersama terkait pelayanan prima terhadap pengunjung wisata alam,” sambut kompak mereka.
.
Hmm, kesimpulan ‘tapa brata’ ini yakni pengelolan wisata alam mesti berupaya menghadirkan kepuasan dan kesetiaan pengunjung berkat keramahan pelayanan prima.
.
“Kita harus mampu menyediakan produk wisata yang jelas. Kemudian kita berikan layanan yang melebihi harapan pengunjung. Misalnya soal toilet di lokasi wisata yang umumnya nggak bagus, kita ‘service’ selalu bersih dan wangi,” jelas Kang Baba.
.
Kang Ical berpesan, untuk menyajikan keramahan layanan prima bisa mengambil dari adat ketimuran kita.
.
“Kalau kita orang Sunda, jadilah tuan rumah Ki Sunda yang baik bagi tamu kita,” pesannya.
.
Sementara itu, Kepala Resor Pemanfaatan, Ahmad Fuad berkomitmen untuk menerapkan layanan prima dalam aktivitas wisata alam gunung Ciremai.
.
“Mudah-mudah kami bisa menerapkan ‘hospitality manner’ di gunung Ciremai,” asanya.
.
Pamungkas, anggota MPGC Curug Cipeuteuy, Wawan mengungkapkan keinginannya untuk segera meningkatkan ‘hospitality’.
.
“Keramahan sudah kami terapkan. Tapi memang masih ada kekurangan. Insha Allah sepulang dari sini akan coba kami tingkatkan,” tutupnya.
.
#sobatCiremai, mari terus belajar demi kebaikan kita.
.
[Teks & Foto © Tim Admin- BTNGC|062021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: