Hangatnya Silaturahim Awal Kepala Balai TNGC dengan Bupati Kuningan


.
Sesuai yang sudah diagendakan sebelumnya, pagi itu hari Rabu 21 Juli 2021 Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang baru, Teguh Setiawan beserta tim yang terdiri dari Kasubag Tata Usaha, Kepala SPTN Wilayah I Kuningan dan beberapa staf lainnya juga turut didampingi oleh Pak Kuswandono, Kepala Balai TNGC sebelumnya beranjak bersama dari kantor Balai TNGC menuju Pendopo Bupati Kuningan.
.
Sesampainya di komplek Pendopo Bupati Kuningan, Kepala Balai TNGC telah disambut dengan hangat oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kuningan beserta Sekretaris Bappeda dan Kabid Ekonomi. Sambil menunggu kedatangan Bupati Kuningan, Kepala Balai TNGC berbincang akrab, saling sapa, dan diskusi ringan dengan penuh keakraban. Tak sampai 30 menit, kemudian datanglah Bupati Kuningan beserta ajudan yang kemudian disambut oleh Kepala Bappeda Kuningan. Turun dari mobil dinasnya, Bupati Kuningan kemudian dikenalkan oleh Pak Kuswandono dengan menyalami Kepala TNGC yang baru beserta tim tepat di depan pintu masuk ruang kerja Bupati Kuningan. Tak lama berselang, kemudian Bupati Kuningan mempersilahkan Kepala Balai TNGC beserta tim, Pak Kuswandono, dan Tim Bappeda Kabupaten Kuningan untuk masuk ke ruang rapat Bupati Kuningan yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.
.
Silaturahim ini dipandu oleh Kepala Bappeda Kuningan dengan informal bahkan diselingi dengan canda tawa yang mampu membangkitkan keakraban dan kekeluargaan bersama. Dibuka dengan pengantar Bappeda Kuningan yang secara ringkas menyampaikan kronologis terkait progres dan dinamika kolaborasi pengelolaan kawasan Gunung Ciremai antara Balai TNGC dengan Pemda Kabupaten Kuningan. Setelah itu, Bupati Kuningan kemudian berkenan memberikan sambutan hangat yang intinya perkenalan secara pribadi dan institusi, flashback jalinan komunikasi dan koordinasi antara Pemda Kabupaten Kuningan dan Balai TNGC yang sudah baik, serta harapan terhadap tindaklanjut penandatanganan PKS penguatan fungsi kawasan TNGC yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2021 yang lalu. 

Setali tiga uang, Pak Kuswandono selaku Kepala Balai TNGC sebelumnya juga menyampaikan harapan yang sama terkait implementasi PKS tersebut beserta RPP dan RKT nya. Selain itu, Pak Kuswandono menyampaikan juga terkait progres usulan Evaluasi Kesesuaian Fungsi (EKF) yang digagas oleh Bupati Kuningan dimana saat ini masih berproses di Direktorat PIKA, Ditjen KSDAE. Diakhir penyampaiannya, Pak Kuswandono mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas bantuan Bupati Kuningan beserta pemerintah daerah Kabupaten Kuningan dalam mendukung kegiatan pengelolaan kawasan TNGC khususnya ketika dipimpin oleh Pa Kuswandono.  Beliau juga menghaturkan permohonan maaf yang setulus-tulisnya jika terdapat kesalahan dan kekhilapan selama lebih dari 3 tahun menakhodai  manajemen Balai TNGC.
.
Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Balai TNGC yang baru, dimana sesuai adat ketimuran beliau telah memperkenalkan diri berikut riwayat pekerjaan sampai dengan dilantiknya oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi Kepala Balai TNGC pada tanggal 2 Juli 2021 yang lalu. Beliau bertekad akan meneruskan perjuangan dan progres yang baik terkait dengan kegiatan pengelolaan kawasan TNGC yang telah digagas Pak Kuswandono sebelumnya dan tentunya sangat berharap semakin mesranya hubungan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.
.
Diakhir acara, Bupati Kuningan beserta Kepala Balai TNGC sepakat untuk sama-sama mengawal progres dan implementasi kolaborasi pengelolaan kawasan TNGC dengan Pemda Kabupaten Kuningan, khususnya yang saat ini telah bergulir yaitu terkait dengan PKS dan EKF sesuai kewenangannya masing-masing. Tepat jam 11 siang, pertemuan silaturahim ini berakhir dengan penuh kehangatan dan optimisme.
.
[Teks & foto © Eska NS -BTNGC|072021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: