Waspada! Angin Kumbang dari Gunung Ciremai Ancam Terjang Majalengka, Kuningan, dan Cirebon


.
Pada musim kemarau basah tahun ini, selain bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kita pun mesti waspada bencana angin kumbang dari gunung Ciremai.
.
Seperti dilansir Tribun News, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kertajati, Majalengka menghimbau masyarakat untuk waspada kemunculan angin kumbang.
.
Angin kumbang biasanya turun gunung pada Juli hingga awal Oktober. Angin ini ditandai kenaikan suhu udara 2 hingga 5 derajat celsius per jam pada pagi hari hingga siang hari.
.
Menurut Prakirawan BMKG Kertajati, Ahmad Faiz Zyin, munculnya angin kumbang ditandai dengan penurunan kelembaban udara antara 5 hingga 34 persen per jam pada pagi hingga siang hari.
.
Beliau menjelaskan, angin kumbang merupakan angin Fohn atau angin yang bertiup turun sepanjang lereng gunung menuju dataran yang lebih rendah dengan suhu udara yang tinggi dengan tingkat kelembaban udara yang rendah.
.
“Untuk wilayah Majalengka, Cirebon, dan Kuningan, angin kumbang ini berasal dari Gunung Ciremai,” ujar A Faiz Zyin kepada Tribun News, Selasa (13/7/2021).
.
Menurutnya, dampak dari munculnya angin kumbang ini akan terjadi kenaikan suhu udara hingga 38 derajat celsius.
.
“Akibatnya, terjadi penurunan kelembaban udara hingga 20 persenan, serta peningkatan kecepatan angin mencapai ratusan kilometer per jam,” jelasnya.
.
Nah bila angin kumbang muncul, disarankan agar masyarakat lebih banyak mengonsumsi air putih. Selain itu, sebaiknya menggunakan pelembab atau lotion karena kulit akan kering, menggunakan tabir surya, dan persiapan luar ruangan lainnya seperti kacamata dan masker di samping mengantisipasi paparan virus Covid-19.
.
Hindari pula pepohonan rimbun dan tinggi untuk menjaga kemungkinan pohon tumbang akibat tiupan angin kencang itu.
.
Hmm, konon orang Majalengka menjuluki angin kumbang sebagai ‘angin lalakina’. #sobatCiremai tahu kenapa?. So, be strong with health protocol.
.
[Teks © Tim Admin, foto © IG @akang_endang @anggiekhoer @bonar_scorwa @jatalikesjoy @ari.budiyanto – BTNGC|072021]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: