Mengenal Malaka, Buah Dari “Sawarga?”


.
#sobatCiremai ada yang tahu buah apa itu? Pasti cuma sedikit nih yang tahu!.
.
Malaka atau Melaka atau Amla adalah nama sejenis pohon dan buahnya. Dalam bahasa Jawa disebut “Mlaka” atau “Kemlaka”.
.
Rasa buahnya kecut agak getir, namun setelah minum air putih, airnya akan rasa manis. Wow unik ya sobat?.
.
Konon Malaka banyak digunakan sebagai obat tradisional sejak 500 tahun sebelum Masehi di #Hindustan. Buah ini digunakan dalam pengobatan tradisional India yang dinamakan “Ayurvedic”.
.
Dalam bahasa Sansekerta, Malaka disebut “Amalaki, Dhartiphala, Divya” dan “Amrut” yang diartikan sebagai buah dari “Surga”. Selain itu, Malaka juga dianggap buah yang melambangkan kemakmuran.
.
Di gunung Ciremai, kita dapat menjumpai Malaka di lereng utara pada ketinggian 200 hingga 1300 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini hidup di daerah gersang batu bertanah yang ditumbuhi semak belukar.
.
Menurut banyak sumber penelitian, Malaka mengandung banyak komponen yang baik untuk kesehatan seperti Vitamin C dan “Tanin”. Vitamin C dalam buah ini tergolongkan tinggi karena berjumlah 600 miligram per seratus gram.
.
Nah karena kandungannya tersebut, Malaka dipercaya memiliki banyak manfaat seperti menghindari Kanker dan mengurangi Kolesterol.
.
Manfaat lainnya yakni bisa menyehatkan Pencernaan, menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah tinggi, meningkatkan aliran darah, menguatkan Jantung, melindungi kesehatan mata, menolong penyerapan Kalsium, menangani Diabetes, dan menjaga kesehatan kulit.
.
Malaka paling enak dibuat manisan supaya tak kecut rasanya. Bagaimana cara membuatnya?. Nantikan di postingan selanjutnya.
.
Oh ya, bagi sobat yang mau manisan buah ini, kontak aja Kang Idin +62 811-2187-429.
So, ayo kenali tumbuhan sekitar kita dengan baik dan benar.
.
[Teks © Idin Abidin, foto © Rudi-BTNGC | 072019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: