Ridwan Kamil Usulkan Bagus Rangin Jadi Pahlawan Nasional


.

sobatCiremai pernah dengar nama Ulang Bagus Rangin atau Ki Bagus Rangin?.🤔

.
Ya, memang tak banyak yang kenal sosok beliau sebagai pejuang fisik melawan Belanda antara 1802 sampai 1812 di wilayah pantai utara (Pantura) Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) hingga Sumedang, Subang, dan Karawang.
.
Menyimak periode perjuangannya, Bagus Rangin bergerilya untuk merebut kemerdekaan sebelum era perjuangan KH. Abdul Halim dari Majalengka dan sesudah Parmin dari Indramayu.
.
Karena perjuangannya, sebagian besar kalangan masyarakat Pantura Jawa Barat menganggap Bagus Rangin layak diusulkan menjadi Pahlawan Nasional.
.
“Salah satu upaya yang sedang kita perjuangkan adalah pengusulan Bagus Rangin sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia,” kata Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat pada kegiatan Seminar Nasional Pengusulan Ulang Bagus Rangin Sebagai Pahlawan Nasional seperti dilansir ayobandung.com (21/3).
.
Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil mengajak berbagai pihak agar memuliakan perjuangan Ki Bagus Rangin dengan menceritakan, mendokumentasikan, atau bahkan memvisualisasikan kisah patriotismenya.
.
Kang Emil sangat mendukung upaya tersebut. Ia juga senang bila banyak dokumen dan kajian mengenai Bagus Rangin untuk mendukung pengusulan beliau menjadi pahlawan nasional.
.
Bangsa Indonesia, lanjut Emil, merdeka dan terbentuk lewat perjuangan. Ki Bagus Rangin, turut berjuang 207 tahun silam, ketika akhirnya ditangkap Belanda sekitar tahun 1812.
.
“Simbolisasi perjuangan beliau diabadikan menjadi Jalan Bagus Rangin di Bandung”, tambah Emil.
.
Selain di Bandung, simbolisasi Ki Bagus Rangin juga terdapat di desa Ciwaringin, Cirebon yakni sebuah patung. Sedangkan di Majalengka, Bagus Rangin menjadi inspirasi motif batik.
.
“Sebagai pemimpin Jawa Barat, saya berkewajiban untuk meneruskan semangat perjuangan beliau agar menjadi pedoman generasi muda Jawa Barat”, tutupnya.
.
Sobat, kata Bung Karno, bangsa yang besar menghargai jasa pahlawannya. So, mumpung bertepatan dengan Hari Pahlawan, yuk kenali jejak pejuang kemerdekaan sekitar kita.
.
[ Image © Tim Admin-BTNGC | 112019 ]

Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Ridwan Kamil Usul Bagus Rangin Jadi Pahlawan Nasional, pada URL https://m.ayobandung.com/read/2019/03/21/47641/ridwan-kamil-usul-bagus-rangin-jadi-pahlawan-nasional

Penulis: Nur Khansa Ranawati
Editor : Adi Ginanjar Maulana

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: